Senin, 29 Juni 2009

Misteri PageRank & Percobaan Sederhana


Judulnya aneh juga ya,cocok dibuat film horor jelir. Pasti semua sudah tau tentang pagerank ato yang biasa di sebut juga PR kan ? Atau minimal pernah dengar.Biasanya kalo kita blogwalking,di sidebar blog-blog yang lain ada bermacam-macam widget yang menampilkan pagerank. Angka yang ditampilkan pun bermacam-macam,mulai dari 0 – 10 (tapi kayanya mustahil ada blog yang punya PR 10) .Setahu saya , hanya benar-benar situs yang bisa disebut sebagai ”Pemimpin” yang mempunyai Pagerank 10 .Seperti Google.com (Pemimpin dunia maya sengihnampakgigi) dan Usa.Gov (Situs Amerika Serikat).

Banyak penjelasan di internet tentang Pagerank,jadi kali ini saya hanya mendeskripsikan sesuai dengan apa yang saya ketahui saja .Kalau mau versi komplit bisa nyari di Mbah Google. Ibaratnya,pagerank adalah sebuah ukuran kepopuleran suatu situs menurut Mbah Google. Mbah Google mempunyai sebuah algoritma yang di gunakan untuk menentukan nilai pagerank sebuah situs. Algoritmanya seperti yang ada di gambar di atas (silahkan artikan sendiri peace).

Bagi para pemburu dolar di internet (seperti saya) Pagerank sangatlah berharga.Sebab melalui Blog atau situs yang ber pagerank itulah dolar bisa mengalir. Bisa dianggap,semakin tinggi pagerank,maka semakin banyak income yang masuk.Banyak hal yang bisa dilakukan dengan domain ber pagerank,seperti di ikutkan program paid review,jualan link, sampai jualan domain itu sendiri.

Beberapa waktu yang lalu saya mempunyai kisah menarik dengan pagerank. Kira kira ceritanya begini. Saya membuat 2 buah Blog berbahasa Inggris. Yang pertama sebut saja Blog A,yang di buat tanggal 19 April 2009. Dan satu lagi Blog B yang dibuat pada tanggal 15 Mei 2009.

Lalu beberapa hal saya lakukan terhadap blog tersebut.

Blog A (dibuat 19 April): Saya memposting artikel secara rutin,sekitar 3 hari sekali.Artikel itu berasal dari artikel PLR yang di rewrite.Lalu blog A itu saya berikan backlink dari beberapa blog saya yang lain

Blog B (dibuat 15 Mei) :Saya memposting artikel, tidak rutin sekitar 4 hari sekali,bahkan lebih.Artikelnya original.Setiap selesai posting,kemudian link artikel itu saya submit ke DIGG.COM . Saya juga beberapa kali sempat memberi komentar (sekitar 5 kali) ke blog Do Follow. Lalu saya juga memberikan backlink ke Blog B itu dari beberapa blog saya yang lain.


Kemudian sekitar tanggal 28 Mei,Google melakukan update pagerank.
Hasilnya:
Blog A pagerank nya 0
Blog B pagerank nya 0

Sekitar tanggal 25 Juni yang lalu,Google melakukan Update Lagi
Hasilnya:
Blog A pagerank nya 0
Blog B pageranknya 2

Jadi hasil akhirnya :
Blog A yang berumur sekitar 2 Bulan sejak dibuat,mempunyai sekitar 20-an posting, pagerank 0 dan Rangking Alexanya : 12 juta (kalau Rangking Alexa semakin kecil semakin bagus)

Blog B yang berumur sekitar 1 Bulan sejak dibuat,mempunyai 6 buah posting,pagerank 2 dan Rangking Alexa : 16 juta

Ada beberapa hal menarik yang dapat saya temui dari percobaan sederhana itu:

- Umur blog mungkin tidak terlalu mempengaruhi pagerank
- Jumlah dan rutinitas posting berpengaruh pada Alexa Rank
- Backlink yang berkualitas misalnya dari web direktori,komentar di blog Dofollow dll. Sangat berguna untuk menaikkan pagerank

Dan kesimpulan akhirnya: Hanya Google yang mengetahui bagaimana dan kapan dia akan melakukan Update pagerank( Itu terbukti dari Jadwal update yang biasanya 3 bulan sekali,sekarang menjadi dua kali dalam dalam dua bulan) . Itu semua rahasia mbah Google.Kita hanya bisa berusaha,namun mbah Google lah yang menentukan :D.

Ok,sekian dulu percobaan ngawur kali ini,mungkin ada teman-teman yang mempunyai pengalaman atau pendapat lain silahkan tulis di form komentar ya,.

Note : Kalau ada yang ingin mencari Blog Dofollow,silahkan cek di www.finddofollow.com . Sebuah Do Follow Search Engine yang sering saya gunakan.


17 komentar:

Dinda Watson on 29 Juni 2009 pukul 02.22 mengatakan...

Percobaannya keren
Pantesan alexa saya turun drastis semenjak posting harian.

Kuliah Gratis on 29 Juni 2009 pukul 02.51 mengatakan...

Punya malah gak sampai sebulan langsung PR 3 n langsung tak jual sekarang lagi mau nawarin PR 4

da yang mau gak? harga nego mulai 500.000 nich murah kan???

syd on 29 Juni 2009 pukul 03.24 mengatakan...

@ Dinda Watson : wah hebat alexanya turun drastis,.

@ Kuliah Gratis : Bagi dong tipsnya,,
hmm menarik juga penawarannya,boleh tau ga urlnya ? mungkin bulan depan bisa saya pertimbangkan :D

Erwine Reidha on 29 Juni 2009 pukul 03.28 mengatakan...

Mbah Google aneh bgt ya..blog aku yg http://www.eryu3.co.cc PRnya jadi 0,sdgkn blog yg jrang qw urus PRnya malah naik...
Confused.. :'(

Reza Fauzi on 29 Juni 2009 pukul 03.41 mengatakan...

hehe iya bener, cuma google yang tau jawabannya

ajieee on 29 Juni 2009 pukul 05.45 mengatakan...

wah embah google emang serba tau
lam kenal

alamendah on 29 Juni 2009 pukul 08.23 mengatakan...

Aneh juga yang terjadi pada Blog saya. Tau-tau aja langsung PR 3 padahal baru 40 hari.

masoglek on 29 Juni 2009 pukul 08.34 mengatakan...

nice info nih

syd on 29 Juni 2009 pukul 16.12 mengatakan...

@Erwine Reidha : itulah misteri pagerank :D

@Reza Fauzi : iya emang bener ,.

@Ajieee : Slam kenal juga,.

@Alamendah : wah diapain aj tuh blognya?

@Masoglek : sama2,.

made on 29 Juni 2009 pukul 22.18 mengatakan...

thank da!!! walopun aku ga ngerti, hehhe!!!

suwung on 30 Juni 2009 pukul 01.21 mengatakan...

hebad sampe rela bikin dua blog

GiE on 30 Juni 2009 pukul 04.01 mengatakan...

Iy deh. Google akhir-akhir ini bener-bener aneh deh. Masa blog yang rajin diapdet dan sering dapet backlink malah dikasih penalti. Sebaliknya, blog yang jarang apdet, dan jarang dapet backlink malah naik!

Bener-bener hari yang aneh.. Hahahaha...

Golspektakuler on 1 Juli 2009 pukul 21.15 mengatakan...

Produktif sekali da blognya sampai 2, (he..he.. jadi panggil da nih, itu artinya apa sih? maklum orang jawa).
Tapi saya pernah dengar ada orang panggil Bli, artinya apa juga tuh.
Kok komentar saya melenceng dari topik..

Puluhan Fans Berat Michael Jackson Ingin Ikut Mati on 2 Juli 2009 pukul 18.56 mengatakan...

memang aneh yah mbah google...

admin on 2 Juli 2009 pukul 23.50 mengatakan...

@ Made : wakakkakkk kok ga ngerti ?

@ Suwung : Terima kasih kunjungannya

@ GiE : Salah satu korbannya ya ? he..he..

@ GolSpektakuler : he..he.. Da itu dari nama belakang saya,YUDA,. yang komentar di atas itu temen,makanya dia tau :D
Kalau Bli itu artinya Kakak.he..he..

@Puluhan Fans Berat Michael Jackson Ingin Ikut Mati : Iya emang aneh :D

Deka on 22 Juli 2009 pukul 10.20 mengatakan...

Ya itulah om google, he..

irvan on 6 Oktober 2009 pukul 15.41 mengatakan...

hahaha dulu salah satu blog sy ga pernah diupdate berbulan2 tiba2 PR1 wkwkwkw
Penyebabnya si sy ga upadate tapi komentar disana sini tetep jalan, itu kali alesannya dapet PR1

Posting Komentar

 

My Blog List

Followers