Sabtu, 27 Juni 2009

Membeli Domain Di GoDaddy.com

Beberapa waktu yang lalu ada seorang teman yang bertanya tentang tentang tempat untuk membeli domain.Kebetulan saya juga lagi ingin beli domain,jadi sekalian aja saya buat tutorialnya. Sudah mengerti kan arti domain? kalau belum klik disini
Ada banyak tempat untuk membeli sebuah domain.Kalau untuk registrar (tempat pendaftaran) Lokal bisa beli di : idwebhost.com,rumahweb.com,oksigen.net dll.
Sedangkan untuk Registrar luar negeri seperti Godaddy.com,ix-one.com dan masih banyak lagi yang lain.

Kali ini saya akan bahas cara untuk membeli domain di Godaddy.com.(umumnya untuk pembelian domain di registar luar negeri prosesnya hampir sama) Terus terang saya lebih suka membeli domain di registrar Luar negeri ,soalnya disana lebih murah dan banyak variasi penawaran selain itu domainnya nanti bisa lebih mudah di tranfser :D (tapi untuk domain s-yd.com saya beli di registrar lokal)

Kita mulai saja.



Ok,ini adalah beberapa hal yang harus disiapkan.
1.Nama domain yang ingin di beli
2.Akun paypal yang verified,untuk pembayaran.(tentu harus berisi dolar di dalamnya)
3.Niat yang tulus . (he..he.)

Buka situs www.godaddy.com jika anda belum punya akunnya silahkan daftar dulu,.Caranya klik ”create Account” yang ada di atas ,. Lalu lengkapi form isiannya.
setelah proses sign up selesai. silahkan login.

(Saat saya login ada sedikit kejutan,sebuah penawaran “limited time domain sale save 25% on .COM .NET.ORG.BIZ”.Jadi setiap pembelian domain TLD saya akan mendapat diskon 25 %. Namun kalau anda login,belum tentu ada penawaran seperti ini juga,jadi ibaratnya ini hanya faktor keberuntungan saja :D)



Nah,Sekarang kita mulai saja proses hunting domainnya.
Masukkan nama domain yang ingin anda cari di search box
dan klik Search



Kalau domainnya tersedia, klik button “ add and proceed to checkout “ yang berwarna orange di bagian bawah untuk melanjutkan proses.

0) Setelah itu anda biasanya akan masuk ke halaman promosi.(Mungkin kalau punya duit lebih bisa tuh di pertimbangkan promosinya.)
klik button “No Thanks” untuk melanjutkan.

0) Anda akan masuk ke halaman domain registration Information
Isi email dan password anda,lalu Klik Secure login


0) Jika berhasil anda akan di bawa ke halaman
Registration and Checkout Options



Ada 4 bagian disana

1. Domain Registration Preferences
Ingat untuk mengubah “Registration Length” ,terserah anda mau register berapa tahun. Namun kali ini saya hanya ingin mendaftar untuk 1 tahun.

2. Select Type of Registration:
Anda bisa melewatkan bagian ini

3. Add SmartSpace™ and get on the Web instantly!
Tampaknya ini juga merupakan bagian promosi,anda bisa memilih untuk ikut atau tidak

4. Select Checkout Preference:
ada 2 pilihan,pertama untuk melihat penawaran seperti hosting dll. yang ke dua untuk melanjutkan pembelian domain itu. Kali ini saya memilih untuk membeli domain saja. maka saya memilih ”no thanks

Klik continue.

0) Anda akan memasuki halaman Secure Checkout



Ad beberapa pilihan disana

1.Review Your Shopping Cart
Cek lagi domain yang sudah anda pilih apa sudah sesuai rinciannya.

2.Select Your Payment Method:



Pilih metode pembayaran yang ingin anda gunakan,.kali ini saya memilih Paypal

3.Terms & agreement
Centang 2 pernyataan yang ada sebagai bentuk persetujuan.

Lalu klik “continue with checkout”


0) selanjutnya akan masuk ke halaman Login paypal



0) Setelah login,klik tombol agree dan continue

Kaalu berjalan lancar anda akan melihat gambar ini



Klik Continue to Godaddy.com.Inc

0) Setelah masuk ke halaman godaddy lagi, klik tombol “continue with chekout

0) Maka akan terlihat lagi halaman billing information,.
Masukkan alamat akun paypal anda di kolom yg tersedia. Lalu Klik Place Your Order



0) Sampailah anda pada halaman Secure Checkout
masukkan kode yang terlihat dan klik Verify Code



0) Lalu anda akan melihat (lagi) halaman promosi di godaddy.
Sambil menarik nafas sejenak,silahkan di lihat2 dulu.

0) Sekarang cek email (yang anda gunakan di Godaddy),.
Maka akan ada 2 email baru.Masing-masing dari Paypal dan GoDaddy .


Buka kedua email itu.
Email dari Godaddy itu berisi ucapan terima kasih atas order anda



0) Oke tunggu beberapa saat dulu. Lalu Cek lagi email anda.
Ada 1 email lagi yang dikirim oleh Go daddy. Isinya adalah :



dan selesai.Domain itu sudah resmi jadi milik anda. !

Biasanya di Godaddy ada tempat untuk memasukkan kupon kode yang fungsinya untuk mendapatkan diskon. Namun karena kali ini saya sudah mendapat ”Limited Offers” mungkin kupon itu tidak berfungsi. Bagi anda yang ingin mendapat kupon Godaddy bisa mencarinya di forum DigitalPoint.

Oke sekian dulu tutorial kali ini (ternyata capek juga ya bikin tutorial) Semoga bermanfaat..


18 komentar:

iwan setiawan on 28 Juni 2009 pukul 00.30 mengatakan...

wah lengkap banget nih infonya...kebetulan saya sedang mempersiapkan membeli domain...sukses selalu sobat

made on 28 Juni 2009 pukul 01.07 mengatakan...

langsung ke tips paid repiu da, sekalian cara naikin pr!!!

Erwine Reidha on 28 Juni 2009 pukul 07.17 mengatakan...

Btw,harga domain .com .net dll dsana brp ya?

Akmal Online on 28 Juni 2009 pukul 07.39 mengatakan...

Hiks,tapi aku belum punya account Paypal .. :((

Dinda Watson on 28 Juni 2009 pukul 07.41 mengatakan...

Serius, mengusahakan sendiri dari 0 walau jatuh bangun itu lebih memuaskan.
Serius...

Tukeran link yuk...
mau ga? confirm di blog aku

Anonim mengatakan...

siipp,, gw skrng lg butuh info buat miLih doMain.. thnx atas infonyaa :d

syd on 28 Juni 2009 pukul 09.44 mengatakan...

@ Iwan setiawan : wah,, selamat hunting domain :D

@ Made : ok,,ok,,, santai bro..

@ Erwine reidha : kalo domain .net/.com sekitar $10 kalo .info 2$ :D

@ Akmal Online : makanya buat dong bro :D

@ Dinda Watson : ok saya add linknya ya

@ octavianopratama : sama2,..

Reza Fauzi on 28 Juni 2009 pukul 13.38 mengatakan...

wah saya belinya di dodoldomain dulu waktu masih murah, hahaha

idham on 28 Juni 2009 pukul 16.05 mengatakan...

aq kemarin jg baru beli seharga 150rb + seting 50 rb , mahal ga ya, kalo go daddy kelihatannya lebih ribet, harus paypal, n dolar juga bahasa inggris... harganya juga ga terpaut jauh,
terus terang aq agak takut beli murah, takut lodingnya lambat...

AlvinRizki's SIte on 28 Juni 2009 pukul 16.11 mengatakan...

registernya gampang, pas mau bayar sulit banget mau ngeluarin uang dari PayPal...

Tech News on 28 Juni 2009 pukul 19.37 mengatakan...

Mantepp....
Tutorial nyaa... :-)
Salam kenal iaa.....

BlogKu.info on 28 Juni 2009 pukul 19.38 mengatakan...

Om,,, link udah saya pasang...... :-)

bhejho40460 on 28 Juni 2009 pukul 19.43 mengatakan...

ini hosting indo apa luar bozzz???
salam mercu

syd on 28 Juni 2009 pukul 23.50 mengatakan...

@ Reza Fauzi : Bagus jga bro dodoldomain :D

@ Idham : kayanya harga ga berpengaruh dh lambat ato ga nya. he..he..

@ AlvinRizki site : paypalnya kebanyakan duit ya :D

@ Tech News : salam kenal juga :D

@ Blogku.Info : okeh saya link balik..

@ bhejho40460 : maksudnya ? kalo blog ini pake blogger :D

Deka on 22 Juli 2009 pukul 10.08 mengatakan...

Sayang godaddy.com gak support alertpay.
Dana di paypal lagi terbatas.

mastegar on 14 Agustus 2009 pukul 10.11 mengatakan...

Emang paypal harus verivied ya mas???

muhibudi on 29 November 2009 pukul 20.39 mengatakan...

trims mas, tutorialnya lengkap bgt.

fuad nur azis on 21 Desember 2009 pukul 01.24 mengatakan...

mas aku ada blog trus mo beli domain di go daddy nah pertanyaannya biar nama blog ku itu aku ganti dengan domain yang aku beli gimana caranya

Posting Komentar

 

My Blog List

Followers