Rabu, 26 Agustus 2009

Hanya di Jembrana : (1) Makepung



Saya pernah melihat di salah satu saluran tivi swasta sebuah acara yang berjudul "Hanya di Indonesia" Nah,terinspirasi dari judul acara itulah saya akan membuat "acara" serupa di blog S-YD.COM. Sebuah postingan yang akan membahas hal hal unik atau tempat tempat menarik yang ada di Kabupaten Jembrana. Sebab,sebagai salah satu bagian dari masyarakat,saya melihat ada banyak sekali potensi wisata di Jembrana yang sangat menarik.Siapa tau postingan ini bisa menambah alternatif liburan anda jika berada di Bali. Saya menyebutnya "Hanya di Jembrana". Okeh,sekian dulu basa basinya,saya mulai saja dengan cerita pertama



Tau ngga yang diatas itu gambar apa ? Itu ibaratnya sebuah Grand Prix Formula 1 atau balap Moto GP.Tapi pembalapnya bukan Lewis Hamilton ataupun Valentino Rossi. Pembalapnya adalah hewan yang bernama Kerbau. Tau kerbau kan ? Itu lo,saudaranya Sapi.Kalo ngga tau lihat saja gambar di atas. he..he.. Ya, di Jembrana ada sebuah acara adu cepat atau balapan kerbau yang bernama "Makepung" .

Menurut cerita,awalnya Makepung diadakan untuk mengisi kegiatan waktu luang oleh para penduduk setempat ketika tidak sedang bertani. Tapi sekarang tujuan kegiatannya bukan hanya untuk mengisi waktu luang saja,sebab gengsi juga dipertaruhkan disana. Gengsi dari masing-masing kubu yang terlibat. Di makepung ini tidak ada gelar juara perorangan untuk di perebutkan,yang ada hanya Gelar untuk grup terbaik.Oleh karena itulah rasa kebersamaan sangat di jaga di even ini. Cara penentuan grup ini juga cukup unik.Sebab penentuannya ditentukan oleh sebuah sungai besar yang membelah kota Negara. Namanya adalah sungai Ijogading.

Saking populernya even ini di masyarakat,maka Kabupaten Jembrana pun mempunyai julukan "bumi makepung".


sumber gambar : google images

6 komentar:

heru on 26 Agustus 2009 pukul 21.36 mengatakan...

indonesia kaya dengan budaya, mari kita lestarikan budaya bangsa kita, nice info sobat

Made Gelgel on 27 Agustus 2009 pukul 05.26 mengatakan...

tapi kayaknya turis kebanyakan gak suka, terkesan nyiksa binatang, coba ganti sistem lombanya

admin on 27 Agustus 2009 pukul 17.17 mengatakan...

@heru : setuju bro :D

@made gelgel : ya coba nanti sms Pak Wi .he..he

Noes | Bisnis Online on 28 Agustus 2009 pukul 07.02 mengatakan...

keren tuh, bagus idenya. kita angkat dan lestarikan budaya dan kekayaan intelektual kita jangan sampai negara tetangga mengklaim menjadi miliknya.

sumartono on 28 Agustus 2009 pukul 20.58 mengatakan...

jadi ingin ke bali nih mas yuda, tapi kapan ya?

admin on 29 Agustus 2009 pukul 15.59 mengatakan...

@ Noes | Bisnis Online : Bener tuh ,.

@ Sumartono : nanti kalo ada waktu luang he..he.

Posting Komentar

 

My Blog List

Followers