Kamis, 15 Oktober 2009

Link Ads,Seni Menjual Text




Sell link,jualan link,link ads,link bla bla bla.. Ada banyak sekali istilah yang digunakan untuk menyebutkan nama salah satu jenis bisnis online ini. Namun apalah artinya sebuah nama (he..he..) Tapi saya pribadi lebih sreg kalau menyebutnya link ads, yang kira kira berarti advertise in link / iklan dalam link (bener ga sih bahasanya,..)

Sudah tau tentang pengertian link kan ? Bagi yang belum paham,silahkan baca disini

Jika diperhatikan,selain PTC / puyeng to click (istilah saya nih) Link ads ini dapat dikatakan bisnis online yang tidak sulit. Asal mengerti cara pasang link maka segalanya akan lancar. Kalau ada yang belum tau contoh jual beli link, ini saya berikan sedikit contohnya.


Silahkan lihat di www.metaversepassport.com. Perhatikan sidebarnya,dibagian RECOMENDED. Disana ada beberapa link yang terpasang. Tapi untuk diketahui,link-link itu berasal dari Advertiser (pengiklan) yang tertarik untuk memasang linknya disana. Dan yang paling menyenangkan,para advertiser itu (biasanya bule) berani membayar mahal untuk sebuah link !

Kenapa ya para pemasang iklan itu berani membayar mahal hanya untuk sebuah link?” Mungkin akan ada yang akan bertanya seperti itu. Dan kalau saya diijinkan untuk menjawab,maka jawabannya adalah ”Karena mereka (para pemasang iklan) akan mendapatkan efek yang sangat besar dari sebuah link yang terpasang,entah itu terhadap posisi web/blog mereka di search engine atau mungkin pengaruh terhadap pagerank dan statistik lainnya.

Namun bukan berarti setiap advertiser akan mau membeli link di blog anda. Apalagi blog abal-abal (he..he..) Tentu saja ada beberapa faktor yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk menjual space link di blog anda. Sepengetahuan saya hal hal yang harus diperhatikan adalah :

Pagerank
Yeah pagerank is the king dan bisa dibilang sebagai ”senjata” utama untuk berjualan link. Tapi ya itu tadi,sangat susah untuk memperoleh Pagerank dari Mbah Google. Umumnya,kesabaran adalah modal utama. Soalnya mbah google akhir akhir ini mulai ngga teratur melakukan Update (Kayanya,update major pagerank terakhir dilakukan pada akhir Mei yang lalu) . Dan ehm, ini ada sedikit bayangan tentang harga sebuah link dari salah satu broker

PR 1 $10
PR 2 $13
PR 3 $17
PR 4 $22
PR 5 $30
PR 6 $45


Harga diatas berlaku untuk satu bulan,Bisa dibayangkan kalau misalnya Link di blog anda yang ber PR 3 atau 4 laku sekitar 2 buah saja. Berarti minimal $ 40 perbulan bisa anda dapatkan. Dan tentu saja angka itu akan menjadi lebih tinggi kalau lebih banyak link yang terjual.


Alexa rank
Selain pagerank,faktor Alexa rank juga kadang mempengaruhi. Sebab tidak jarang pihak Advertiser tertarik membeli link di blog yang memiliki Alexa rendah,misalnya saja Alexa rank di bawah satu juta. Berbeda dengan pagerank, kalau ranking Alexa,semakin kecil semakin bagus.

Niche
Hmm.. bahasa Indonesianya apa ya ?? Mungkin kira-kira sama artinya dengan “tema” blog itu sendiri. Faktor niche ini juga sangat berpengaruh. Kadang ada advertiser yang tidak perduli sekalipun blog anda memiliki Pagerank tinggi jika niche nya tidak sesuai dengan keinginan si advertiser. Misalnya anda mempunyai blog tentang Health tapi kalau si Advertisernya perlu niche Business who’s care ? Sebab link akan lebih berguna kalau sesuai niche.
Saat ini,saya hanya bermain di 2 niche, yaitu Business & Travel. Rencananya kalau ada waktu luang akan saya tambah. Yah supaya lebih beragam.
Oh iya,kalau ada teman-teman yang mempunyai blog niche travel dan memiliki PR, silahkan hubungi saya. Sebab saya punya temen orang bule yang selalu membutuhkan link dari blog travel. Jadi siapa tau saya bisa bantu jualannya..

Hmm,.. saya rasa beberapa ulasan diatas sudah cukup (untuk membuat jari capek ngetik) memberikan sedikit gambaran mengenai bisnis jual beli link ini. Kalau ada yang masih bingung,itu wajar. Soalnya saya juga pemula yang masih terus belajar dan hanya menyampaikan apa yang saya ketahui.he..he. Mungkin di posting selanjutnya saya akan membahas tempat jualan link yang ”recomended”

Jadi jangan ganti chanel blog anda. Tetap di s-yd.com ya . wkwkwkkkk


s-yd.com

16 komentar:

sumartono on 15 Oktober 2009 pukul 23.00 mengatakan...

Ini artikel yang saya tunggu-tungguin, tahu aja mas yudha keinginan saya....

blogpopuler on 16 Oktober 2009 pukul 00.01 mengatakan...

Sayang blog aku masih PR0.Pingin juga sih dapat dollar :-)

made gelgel on 16 Oktober 2009 pukul 00.03 mengatakan...

Oh iya,kalau ada teman-teman yang mempunyai blog niche travel dan memiliki PR, silahkan hubungi saya. Sebab saya punya temen orang bule yang selalu membutuhkan link dari blog travel. Jadi siapa tau saya bisa bantu jualannya..
________________________________________________

tunggu ya, lagi proses update neh, thank fren!

Khery Sudeska on 16 Oktober 2009 pukul 03.39 mengatakan...

Ok, fren... Semangat terus... Pokoknya saya bentang tikar disini nungguin info selanjutnya :D

heru on 16 Oktober 2009 pukul 08.05 mengatakan...

ayo semangat...semangat...

Derby on 16 Oktober 2009 pukul 15.41 mengatakan...

pengen juga sih ikutan link ads, tapi masih bingung saya :D

admin on 16 Oktober 2009 pukul 20.39 mengatakan...

@ Sumartono : silahkan di praktekan,. he..he.

@ blogpopuler : ayo ditunggu sampe punya PR,.

@ Made Gelgel : Okeh,..

@ khery Sudeska : Udah sekalian bawa kopi mas ?:D

@ heru : ayo,,,

@ Derby : bingung kenapa bro ?

rif on 16 Oktober 2009 pukul 22.26 mengatakan...

halo mas..
saya punya 4 blog niche travel , 3 PR 3 ama 1 PR 2.
berminat nih...

e-mail saya : blue.id234@gmail.com

trims

admin on 18 Oktober 2009 pukul 03.45 mengatakan...

@rif : ok, cek email bro..

==================================================

Bagi yang memiliki blog travel dan berminat jualan link,silahkan kirim detail url ke:
nyakcak [at] yahoo.com

(minimal PR3)

belajar blog on 18 Oktober 2009 pukul 05.37 mengatakan...

wuih mantap mas
ntu blognya mas yah
dapat berapaan...^0^

Action Figure Toy on 18 Oktober 2009 pukul 05.38 mengatakan...

hehehe...
mas, ada temen bulenya ga yang pengen pasang link action figure ^0^

Deka on 20 Oktober 2009 pukul 10.36 mengatakan...

Ini bisnis online yang paling enak mungkin kalo da punya PR dan dari bisnis ini juga saya bisa membeli domain heheh, nah nyari PR itu tuh yang rada sulit. Saya ada pertanyaan Om maklum lah masih newbie. broker mana om yang memberikan harga link yang tinggi dan apakah boleh memasang lebih dari satu broker di satu blog..?
Mohon berkenan memjelaskan Om Guru, hehhehe..

admin on 20 Oktober 2009 pukul 15.36 mengatakan...

@ belajar blog | iya mas,itu blog saya..he..he..

@Action Figure Toy | Kayanya belum ada mas,. :D

@Deka | Ehm,, Kalau mau nyari broker link yang pasti membeli (harganya agak murah disini)coba ke money4blogs.com.. Kalau mau yang harganya mahal, ke blogrollplease.com ..


Dan untuk pertanyaan yang ke2. Tentu saja boleh bro. Terserah si pemilik blog :D

share our secret on 21 Oktober 2009 pukul 17.52 mengatakan...

Wah...., artikel yg sangat bagus dan memotivasi, terutama dalam monetizing.

Harga link di atas ngikut di broker mana Mas...

Deka on 23 Oktober 2009 pukul 10.16 mengatakan...

Terima Kasih Om guru atas penjelasnnya, heheheheh

kade on 22 November 2009 pukul 05.44 mengatakan...

keren cuy,.,.


musti bagi2 cara nih,.,.


klo bingung lewat baca, bole nanya langsung nih,.

bukan begitu?

Posting Komentar

 

My Blog List

Followers